-->

bharada

Cara Menanam Kunyit Dalam Pot Dengan Gampang Di Rumah Dan Cepat Berbuah

Cara Menanam Kunyit Dalam Pot Dengan Gampang Di Rumah Dan Cepat Berbuah
Cara Menanam Kunyit Dalam Pot Dengan Gampang Di Rumah Dan Cepat Berbuah

Cara Menanam Kunyit Dalam Pot/Polybag Dengan Mudah Di Rumah Kunyit (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.) ialah salah satu jenis tumbuhan rimpang berwarna kuning orisinil dari wilayah Asia Tenggara. Kunyit ini ialah anggota dari golongan Zingiberaceae. Kunyit umumnya digunakan selaku bumbu dapur.


Klasifikasi Ilmiah

Kerajaan: Plantae

(tidak termasuk): Angiosperms

(tidak termasuk): Monocots

(tidak termasuk): Commelinids

Ordo: Zingiberales

Famili: Zingiberaceae

Genus: Curcuma

Spesies: C. longa


Kunyit memiliki banyak mengandung senyawa seperti Kurkuminoid, Minyak atsiri, Mineral, Arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, tanin dan dammar. Karena kandungan tersebut kunyit memiliki banyak faedah mirip Dapat melancarkan menstruasi atau haid, mampu menolong memperlancar Asi dan lain sebagainya.


Karena kandungan serta manfaat kunyit yang terlalu banyak, kunyit banyak ditanam dan dibudidayakan. Bagi anda yang ingin menanam atau budidaya namun tidak mempunyai lahan yang luas, anda dapat menanamnya di pot atau di polybag tanam. Berikut cara menanam kunyit di dalam pot atau polybag:


Cara Menanam Kunyit Dalam Pot/Polybag


Persiapan Bibit Kunyit


Bibit mampu diperoleh dari rimpang kunyit yang sudah renta. Kunyit yang sudah layak dijadikan bibit adalah rimpang kunyit yang berumur sekitar 8 bulan, namun kian renta kunyit yang digunakan semakin agus bbit dan tunas yang dihasilkan. Rimpang bibit kunyit yang disiapkan diubahsuaikan dengan jumlah pot atau polybag yang dipakai.


Penyemaian Rimpang Kunyit


Setelah rimpang sudah siapkan, selanjutnya rimpang di semai apalagi dulu. Caranya: Letakkan rimpang pada tempat yang lembab dan pastikan rimpang tidak terkena matahari secara pribadi. Selanjutnya, taburi rimpang dengan tanah secukupnya dan kerjakan penyiraman secara rutin setiap sore agar tunas atau bibit yang dihasilkan bagus.


Persiapan Media Tanam


Media tanam ang perlu disiapkan yaitu tanah,pupuk kompos dan pupuk sangkar. Ketiga bahan tersebut kemudian dicampurkan dengan perbandingan 2 : 1 : 1 hingga merata. Selanjutnya masukkan ke dalam pot atau polybag yang telah disiapkan. Pot yang ideal untuk menanam kunyit adalah pot dengan diameter 20 cm dan tinggi 40 cm. Pada bagian bawah pot jangan lupa diberi cuilan genting sebelum media tanam diasukkan ke dalam pot. Media tanam yang dimasukkan ke dalam pot setinggi 30 cm.


Penanaman Kunyit Dalam Pot


Jika seluruhnya sudah siap, berikutnya lakukan penanaman. Buatlah lubang tanam pada media tanam dengan kedalaman sekitar 8 cm, lalu masukkan satu bibit kunyit dalam lubang tanam yang telah dibentuk dimasing-masing pot atau polybag. Selanjutnya tutup kembali dengan media tanam disekitarnya dan kerjakan penyiraman seperlunya.


Perawatan Kunyit Dalam Pot


Pemupukan

Agar kebutuhan nutrisi yang diperlukan kunyit untuk berkembang dengan baik terpenuhi, lakuka pemupukan secara berkala setiap satu bulan sekali dengan menggunakan pupuk kompos atau pupuk organik. Pemupukan atersebut dengan mengombinasikan tanah, kompos dan upuk kandang dengan perbandingan 1:1:1.


Penyiraman

Agar kelembaban media tanam terjaga, lakukan penyiraman secara rutin setiap 2-3 hari sekali. Penyiraman ini sebaiknya dikerjakan pada sore hari dengan penyiraman seperlunya saja jangan terlalu banyak alasannya adalah kalau terlampau banyak dapat menyebabkan rimpang kunyit cepat membusuk.


Masa Panen Kunyit


Kunyit mampu mulai dipanen sesudah berumur sekitar 8 bulan setelah tanam. Pada umur tersebut berat kunyit telah ideal.


Demikian artikel ihwal”Cara Menanam Kunyit Dalam Pot Dengan Mudah Di Rumah“, biar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami selanjutnya. Sampai jumpa



Advertisement

Iklan Sidebar