-->

bharada

Cara Menanam Dan Budidaya Kacang Panjang Dalam Pot/Polybag, Sangat Mudah!

Cara Menanam Dan Budidaya Kacang Panjang Dalam Pot/Polybag, Sangat Mudah!
Cara Menanam Dan Budidaya Kacang Panjang Dalam Pot/Polybag, Sangat Mudah!

Cara Menanam dan Budidaya Kacang Panjang Dalam Pot/Polybag, Sangat Mudah! – Kacang Panjang (Vigna sinensis) yakni jenis flora yang berasal dari India dan Afrika Tengah yang kemudian penanamannya menyebar ke daerah Asia Tropika hingga Indonesia. Nama lain dari kacang panjang yakni kacang lanjaran (Jawa), kacang turns (Pasundan), taukok (Cina), sitao (Philipina), kacang panjang/kacang belut (Malaysia), jurakusasage, paythenkai, yardlong bean, dan asparagus bean. Terdapat 2 jenis kacang panjang yakni kacang panjang lazimdan kacang panjang usus.


Klasifikasi Ilmiah

Kingdom: Plantae

Divisi: Spermatophyta

Kelas: Angiospermae

Subkelas: Dicotyledonae

Ordo: Rosales

Famili: Leguminoceae

Genus: Vigna

Spesies: Vigna sinensis


Banyak orang yang menggemari kacang panjang ini untuk dimasak dengan cara di santan, dioseng, dicampur dalam pecel dan lain sebagainya. Oleh alasannya adalah itu banyak orang mencoba menanam kacang panjang atau budidaya kacang panjang selaku perhiasan penghasilan mereka. Namun jangan cemas untuk anda yang tidak memiliki lahan untuk menanam kacang panjang ini, anda mampu menanam kacang panjang di dalam pot atau polybag tanam di rumah. Untuk lebih jelasnya amati penjelasan berikut ini.


Cara Menanam Kacang Panjang Dalam Pot


Persiapan Bibit Kacang Panjang


Pilihlah bibit kacang panjang yang berkualitas semoga kacang panjang yang dihasilkan juga bermutu. Ciri-ciri bibit kacang panjang yang bermutu ialah tingkat perkecambahannya diatas 90%, berpenampilan kusam atau bernas, tahan kepada hama dan penyakit dan tentu saja tidak cacat atau rusak. Bibit kacang panjang ini mampu eksklusif ditanam pada media tanam tanpa harusmelakukan persemaian.


Persiapan Media Tanam


Media tanam yang perlu disiapkan untuk menanam kacang panjang dalam pot atau polybag adalah tanah subur dan gembur yang sudah diayak (tanah halus), Pupuk kompos (kompos bokashi atau kompos biasa) dan arang sekam.


Jika semua materi media tanam telah siap, berikutnya campurkan semua materi dengan perbandingan 2 : 1 : 1 atau 1 : 1 : 1 dan aduk hingga tercampur rata. Jika telah siap, selanjutnya masukkan media tanam ke pot/polybag tanam yang mau dipakai.


Penanaman Kacang Panjang Dalam Pot/Polybag


Jika semua telah siap, selanjutnya lakukan penanaman. Buatlah lubang tanam pada media tanam, lubang tersebut tidak perlu terlalu dalam. Selanjutnya, masukkan benih kacang panjang sebanyak 2 biji ke lubang tanam yang telah dibuat dan tutup kembali dengan media tanam. Penanaman ini semestinya dikerjakan pada permulaan musm hujan.


Perawatan Kacang Panjang


Penyulaman

Jika ada bibit kacang panjang yang rusak atau mati segera lakukan penyulaman dan ganti dengan flora yang gres agar tumbuhan kacang panjang mampu berkembang bersamaan. Penyulaman ini dikerjakan maksimal 5-7 hari sehabis penanaman.


Penyiangan

Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu yang lain yang berkembang di sekitar flora di dalam pot/polybag supaya mereka tidak merebut nutrisi pertumbuhan yang diperlukan kacang panjang.


Penyiraman

Lakukan penyiraman secara rutin yaitu setiap pagi dan sore hari. Penyiraman ini dilakukan seperlunya saja.


Pemasangan Turus

Turus atau lanjaran ini dipakai selaku media rambat tumbuhan kacang. Turus tersebut dapat berupa batang kayu atau cuilan bambu dengan ukuran panjang 150-200 cm dan lebar 3 cm. Pemasangan turus ini dilaksanakan sehabis flora berumur 2 minggu atau sudah meraih ketinggian ± 25 cm.


Pemupukan

Lakukan pemupukan jikalau tanaman kacang panjang telah berumur sekitar 3 ahad. Pemupukan tersebut dapat memakai pupuk urea, pupuk sp-36 dan juga KCl dengan takaran seperlunya. Pada ketika tumbuhan menjelang berbunga ialah berumur 4 ahad sehabis tanam dapat dikerjakan penyemprotan pupuk daun.


Pemanenan Kacang Panjang


Tanaman kacang panjang mulai berbunga pada umur 30 hari sehabis tanam. Polong muda mampu mulai dipanen sehabis berumur 45 hari. Ciri kacang panjang yang sudah mampu dipanen yakni polong telah terisi sarat , gampang dipatahkan dan warnanya hijau merata sampai hijau keputihan.


Pemanenan kacang panjang dipetik dengan cara memutar bagian pankal polong.Pemanenan ini mampu dikerjakan secara sedikit demi sedikit dengan selang waktu 3 hari. Pemanenan ini semestinya dilaksanakan pada pagi hari.


Demikian artikel pembahasan ihwal”Cara Menanam dan Budidaya Kacang Panjang Dalam Pot/Polybag, Sangat Mudah!“, semoga berguna dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa



Advertisement

Iklan Sidebar