-->

bharada

Cara Mudah Dan Sukses Ternak Dan Merawat Sugar Glider Bagi Pemula

Cara Mudah Dan Sukses Ternak Dan Merawat Sugar Glider Bagi Pemula
Cara Mudah Dan Sukses Ternak Dan Merawat Sugar Glider Bagi Pemula

Cara Sukses Ternak dan Merawat Sugar Glider Bagi Pemula Sugar glider merupakan possum meluncul kecil yang masuk dalam hewan karnivora, arboreal dan nokturnal. Sugar glider mempunyai kemiripan denga bajing melayang dari tingkah dan bentuk tubuhnya namun sugar glider mempunyai warna corak yang khas. Banyak orang sekarang mulai menjadikan sugar glider selaku hewan peliharaan mereka. Untuk itu ternak sugar glider ini dapat dijadikan sebagai perjuangan yang cukup menjanjikan alasannya harganya yang cukup mahal tetapi harga sugar glider tersebut bergantung pada kualitas, umur, kesehatan dan jenis sugar glider tersebut. Cara merawat sugar glider pun terbilang sungguh mudah jikalau daripada hewan ternak lainnya.


Cara Ternak Sugar Glider


Persiapan Kandang Pemeliharaan Sugar Glider


Kandang pemeliharaan sugar glider mampu anda beli di toko hewan. Namun sebab masih sangat susah ditemukan, pemeliharaan sugar glider ini mampu dikerjakan di kandang kelinci ataupun kandang lovebird yang yang dibuat dari besi yang bagian dalanm kandangnya diberi ranting pohon karena sugar glider ini sungguh suka memanjat dan tambahkan pula ganjal kain dan juga daerah makan dan minum dalam kandang.


Kandang tersebut ditentukan berada di daerah yang tenteram dan jauh dari kebisingan. Karena bila kandang berada ditempat yang tidak tenteram dan bising hal tersebut akan membuat sugar glider mudah stres.


Pemilihan Indukan


Pilihlah kandidat indukan sugar glider yang baik dan siap kawin. Umur indukan sugar glider siap kawin ialah berumur sekitar 7 bulan untuk indukan betina dan 8 bulan untuk indukan jantan. Pilihlah calon indukan yang sehat, calon indukan yang sehat ialah mempunyai gerakan yang lincah dan mempunyai nafsu makan yang tinggi.


Cara Membedakan Sugar Glider Jantan dan Sugar Glider Betina


Membedakan sugar glider jantan dan sugar glider betina mampu dikerjakan dengan cara menyaksikan bab fisik sugar glider ialah:


sBetina sugar glider memiliki kantong mirip kanguru untuk meletakkan anak-anaknya, sedangkan jantan memiliki bagian kepala yang botak.


Setelah perkawinan, betina akan hamil dan era kehamilan tersebut berjalan selama 16 hari. Bayi sugar glider atau joys yang gres lahir akan diletakkan dalam kantong induk betina selama sekitar 3 bulan. Namun sesekali akan belajar makan dan setelah berumur 4 bulan bayi sugar glider akan hidup mampu berdiri diatas kaki sendiri tanpa induk.


Cara Menjinakkan Sugar Glider


sehabis anakan berumur 4 bulan, anda dapat mengajaknya bermain dan berinteraksi. Agar lebih tenteram, berikan pakan dengan tangan anda agar beliau dapat membedakan mana makanan dan mana tangan anda. Selain itu, letakkan baju yang gres anda pakai ke sangkar sugar glider semoga ia mampu mengenali busuk tubuh anda. Jika hal tersebut dikerjakan secara berkala maka sugar glider akan menjadi jinak bahkan bonding.

Pemberian Pakan Sugar Glider


Sugar glider diberi pakan sebanyak 2 kali seharui yairu pagi dan malam hari jikalau indukan baru melahirkan sampai anakan berumur 4 bulan. Pakan yang diberikan berbentukbuah-buahan, tetapi tidajk cuma buah-buahn pakan yang diberikan dapat berbentukserangga seperti jangkrik, jangkrik diberikan setiap seminggu sekali. Pakan utama yang bisa anda berikan yaitu berupa bubur bayi dengan campuran sedikit madu.


Cara Merawat Sugar Glider dengan baik


Jika dirasa kuku sugar glider sudah panjang dan tajam, potong kukunya dengan hati-hati semoga sugar glider tidak terluka.  Agar ketika memotong kuku sugar glider tidak menggigit tangan anda bisa memakai kain agak tebal mirip handuk untuk mememegang bab punggungnya.


Sugar glider juga perlu di andikan semoga tubuhnya tetap bersih dan sehat tetapi tentukan umur sugar glider setidaknya sudah berumur sekitar 5 bulan karena jika umurnya belum 5 bulan beliau akan kedinginan bahkan kematian.


Cara memandikannya sungguh mudah anda hanya menggunakan kain atau handuk yang telah dibasahi kemudian lapkan ke sugar glider hingga rambutnya berair dan bersih, sehabis bersih ajak sugar glider bermain agar rambutnya lebih singkat kering.


Demikian postingan pembahasan tentang”Cara Sukses Ternak dan Merawat Sugar Glider Bagi Pemula“, agar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa



Advertisement

Iklan Sidebar