-->

bharada

Cara Berhasil Menanam Kacang Hijau Di Polybag Atau Pot Dengan Gampang Sukses

Cara Berhasil Menanam Kacang Hijau Di Polybag Atau Pot Dengan Gampang Sukses
Cara Berhasil Menanam Kacang Hijau Di Polybag Atau Pot Dengan Gampang Sukses

Cara Menanam Kacang Hijau Di Polybag atau Pot Dengan PraktisKacang Hijau atau Kacang Ijo (Phaseolus radiatus L.) yaitu tanaman polong-polongan yang memiliki batang tegak atau semi tegak dengan ketinggian antara 30 cm – 110 cm. Batang berwarna hijau, kecokelat-cokelatan, atau keungu-unguan dan mempunyai bentuk lingkaran dan berbulu.


Polong kacang hijau berbentuk silindris dengan panjang berkisar antara 6 cm – 15 cm. Polong muda berwarna hijau dan sesudah bau tanah berwarna hitam atau cokelat. Dalam satu polong terdapat sekitar 5-16 butir biji. Biji tersebut lazimnya berwarna hijau kusam atau hijau mengkilap, tetapi adapula yang berwarna kuning, cokelat, dan hitam.


Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Subdivisi: Angiospermae

Kelas : Dicotyledonae

Ordo : Leguminales

Famili : Leguminoceae/Papilionaceae

Genus : Phaseolus

Spesies : Phaseolus radiatus L.


Untuk melaksanakan budidaya kacang hijau atau menanam kacang hijau tidak butuhlahan yang luas, anda mampu melakukan penanaman kacang hijau dengan menggunakan polybag atau pot tanam bahkan anda dapat menggunakan botol aqua/botol bekas air mineral. Berikut ini yakni cara budidaya/menanam kacang hijau dalam polybag/pot:


Cara Menanam Kacang Hijau Dalam Pot/Polybag


Persiapan Bibit Kacang Hijau


Bibit Kacang Hijau dapat diperoleh dari berbelanja benh bibit di toko pertanian atau isa juga dengan melaksanakan pembibitan sendiri.


Jika bibit sudah diperoleh, bibit harus lewat proses inokulasi atau pensterilan bibit dari mikroorganisme atau jamur terlebih dahulu selama sekitar satu minggu.


Persiapan Media Tanam


Sembari menunggu bibit siap tanam, siapkan apalagi dulu media anam yang aka dipakai. Media tanam yang perlu disiapkan adalah tanah, pupuk kandang dan arang sekam. Campurkan ketiga bahan tersebut dengan perbandingan 1:1:1 hingga merata. Penggunaan arang sekam dan pupuk sangkar tersebut berfungsi selaku penyedia komponen hara dalam tanah dan nutrisi tumbuhan. Jika tanah yang dipakai selaku media tanam memiliki pH lebih dari 6, taburkan dolomit untuk menrunkan keasaman tanah tersebut


Penanaman Kacang Hijau Dalam Polybag atau Pot


Jika media tanam telah siap, selanjutnya masukkan media tanam kedalam pot/polybag sampai 70% bab. Setelah itu, tanam sebanyak 1 bibit kacang hijau yang telah lewat proses inokulasi pada setiap polybag sedalam 2 cm kemudian tutup bagian atasnya dengan media tanam kembali tanpa dipadatkan. Siapkan pula bibit penyulaman yang digunakan sebagai bibit pengganti bila ada tanaman kacang hijau yang mati atau tumbuh dengan tepat hingga waktu 2 ahad.


Perawatan Tanaman Kacang Hijau Dalam Pot


Tanaman kacang hijau yang ditanam dalam pot atau polybag semestinya di letakkan pada kawasan yang terkena sinar matahari secara langsung. Perawatan yang dikerjakan pada tanaman kacang hijau ini diantaranya:


Lakukan penyiraman secara berkala sebanyak 2 kali sehari yakni pada pagi dan sore hari namun penyiraman tersebut dikerjakan secukupnya saja jangan sampai tergenang.


Penyiangan

Setelah 1-2 minggu kala tanam, lakukan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnyayang tumbuh disekitar flora kacang hijau dalam pot supaya nutrisi yang diharapkan untuk perkembangan tumbuhan kacang hijau tidak berebut.


Pemupukan Susulan

Pemupukan susulan ini dilakukan 1 bulan setelah tanam. Pemupukan atersebut memakai pupuk kandang atau menggunakan pupuk NPK dengan dosis yang diberikan pada setiap polybag tanam adalah setengah kepal.


Masa Panen Kacang Hijau


Masa panen kacang hijau berlainan-beda bergantung pada varietasnya. Namun biasanya, periode panen kacang hijau adalah sekitar 58-65 hari. Polong kacang hijau yang siap panen memiliki kulit kering dan berwarna cokelat sampai hitam. Jika pemanenan terlambat, maka polong akan pecah dan bijinya akan terlempar keluar. Pemanenan kacang hijau ini dikerjakan dengan cara dipetik menggunakan tangan atau memotongnya dengan pisau/gunting yang tajam.


Demikian postingan tentang”Cara Menanam Kacang Hijau Di Polybag atau Pot Dengan Mudah“, supaya berfaedah dan jangan lupa ikuti artikel kami selanjutnya. Sampai jumpa



Advertisement

Iklan Sidebar