-->

bharada

Cara Mudah Budidaya Udang Hias Air Tawar Yang Baik Bagi Pemula

Cara Mudah Budidaya Udang Hias Air Tawar Yang Baik Bagi Pemula
Cara Mudah Budidaya Udang Hias Air Tawar Yang Baik Bagi Pemula

Cara Budidaya Udang Hias Air Tawar Yang Baik Bagi Pemula – Udang hias yakni jenis udang dengan corak warna yang indah dan juga unik, jadi udang jenis ini sering disebut dengan ikan udang hias. Dengan keindahan yang dimiliki oleh udang ini tidak aneh kalau banyak pecinta ikan hias yang memeliharanya.


Harga jual yang tinggi untuk udang hias ini, menciptakan banyak orang berusaha untuk melakukan budidaya. Selain nilai jualnya yang tinggi, udang hias ini tidak terlampau sukar untuk dikembang biakan.


Cara Budidaya Udang Hias Air Tawar


Udang hias ini dapat beradaptasi dengan baik pada lingkungannya walaupun beliau hidup di air yang keruh. Udang hias ini mampu bertahan hidup pada air dengan pH 6,8 hingga 8,0.


Jenis Udang Hias Air Tawar


Terdapat berbagai jenis udang hias air tawar, diantaranya: udang hias red bee, udang red cherry, cardinal shrimp, red nose, neon shrimp, bumble bee, vampire shrimp, blue cherry, black king kong, black bee, red fire, yellow, sunkist, green, blue pearl, blue bolt, amano, snow white, yellow tiger dan lain sebagainya. Anda tinggal menentukan mana yang hendak anda budidaya, apakah anda akan budidaya udang hias red bee atau budidaua udang red cherry atau yang lainnya.


Memilih Mitra Hidup Udang Hias Dalam Akuarium


Untuk memilih mitra hidup atau matetank untuk udang hias terbilang cukup sukar. Apabila di akuarium ada ikan yang berskala lebih besar, maka udang akan kerat bersembunyi sebab merasa terancam. Ikan yang dapat hidup berdampingan dengan udang hias ini ialah ikan tetra, ikan plati dan ikan tabr karena ketiga ikan tersebut mempunyai postur yang hampir sama dengan udang hias. Sedangkan ikan yang dihentikan hidup bersaan dengan udang hias ini yaitu ikan cupang, ikan cichild dan ikan catfish sebab ketiga ikan tersebut dapat membunuh udang hias dalam akuarium.


Namun kalau diberi pilihan, akan lebih baik udang hias didampingkan dengan satu jenis. Dalam sebuah akuarium dengan volume air sebesar 2,5 galon, itu mampu digunakan untuk memelihara sebanyak 10-20 ekor udang hias.


Cara Memelihara Udang Hias


Pemeliharaan yang perlu dilaksanakan dalam akuarium ialah mengontrol akuarium mirip habitat orisinil udang hias di habitat aslinya. Tambahkan substrat berupa campuran pasir halus dan beberapa watu berukuran sedang, masukkan pula sedikit kerikil karang untuk rumah dan juga tempat persembunyian udang serta masukkan pula sedikit lumut jawa selaku flora dasar dalam akuarium.


Pakan Udang Hias


Udang hias jenis Neocardina mampu diberi pakan berbentuksayur-sayuran berwarna hijau mirip selada beku, alga, kubis dan spirulina tablet. Udang hias jenis Pearl dapat diberi pakan berbahan dasar daging atau tablet. Sedangkan udang jenis Macrobachium dapat diberi pakan berupa cacing darah beku, udang renik dan cacing rambut.


Cara Memgembangbiakan Udang Hias


Membedakan udang hias jantan dan betina memang sungguh sukar, sebab dalam segi warna, antara jantan dan betina memiliki corak warna yang serupa.Sehingga banyak para pembudidaya mencampurkan sekitar 50 ekor induk dalam satu wadah secara gambling atau acak.


Setelah sekitar satu minggu maka akan terlihat butiran telur menempel pada induk betina sebelum kesudahannya telur-telur itu menetas. Nah pada ketika itulah gres diketahui yang memiliki telur diperutnya yaitu udang hias betina.


Agar butiran telur tersebut dapat menetas dengan baik maka perlu menambahkan aerator dalam akuarium, aerator tersebut berfungsi untuk meminimalkan tingkat akhir hayat alasannya adalah bertindak selaku sirkulasi udara di dalam air.


Setelah 15 hari dari proses bertelur maka induk dapat dikawinkan lagi dengan menempatkan dalam satu wadah yang sama. Baru setelah berumur sekitar 2 bulan udang hias mampu dipanen dan dijual dengan harga yang tidak mengecewakan cukup tinggi.


Demikian postingan pembahasan tentang”Cara Budidaya Udang Hias Air Tawar Yang Baik Bagi Pemula“, supaya bermanfaat dan jangan lupa ikuti artikel kami berikutnya. Sampai jumpa



Advertisement

Iklan Sidebar